
Jl. Soekarno Hatta (Depan Polinela)
Raja Basa Bandar Lampung
Telp / Fax. 0721784370

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
INSTITUSI : AKADEMI
KEBIDANAN ADILA
MATA
KULIAH/KODE : KEGAWAT DARURATAN
MATERNAL NEONATAL (KGD)
JUMLAH
SKS : 4 SKS (T: 2, P: 2)
SEMESTER : SEMESTER V
(Lima)/ GANJIL
DOSEN
PENGAMPU :
IIN WAHYUNI, M.Tr.Keb
I.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan
kepada mahasiswa untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu dengan kelainan
atau komplikasi dengan pendekatan manajemen kebidanan dengan pokok bahasa:
patologi obstetric, penyakit-penyakit penyerta kehamilan, persalinan Dan nifas,
gangguan sistem reproduksi, deteksi dini kelainan pada ibu hamil, bersalin Dan
nifas, prinsip-prinsip asuhan dalam penangannya yang berbasis evindence based,
II. CAPAIAN
PEMBELAJARAN
A.
SIKAP
1. Bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
peradaban berdasarkan Pancasila.
3. Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan.
4. Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
B. Pengetahuan
1. Memahami asuhan kebidanan pada ibu
bersalin dengan penyulit
2. Memahami asuhan kebidanan pada ibu dengan
komplikasi dan penyakit masa nifas
3. Memahami
asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi Dan penyakit masa nifas
4.
Memahami asuhan kebidanan pada bayi dengan
penyulit
5.
Memahami asuhan kebidanan pada kesehatan
reproduksi dengan gangguan sistem reproduksi
6.
Memahami asuhan kebidanan pada masa klimakterium
dan menopause
C.
Keterampilan
1.
melakukan asuhan kebidanan
pada ibu bersalin dengan penyulit kala II,
2.
melakukan asuhan kebidanan
pada ibu bersalin dengan penyulit kala III
3.
melakukan asuhan kebidanan
pada ibu bersalin dengan penyulit kala IV
4.
mendemonstrasikan asuhan
terhadap ibu bersalin dengan hipertensi,
III. MATERI
(Terlampir dalam SAP)
IV. METODE
PEMBELAJARAN
Dilaksanakan
di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi
V. PENILAIAN
Teori 40%
I.
Penugasan : 5
%
II.
Absensi :
5 %
III. Kuis : 10 %
IV. UTS
: 30 %
V.
UAS :
50 %
Praktek
: 60%
VI. BUKU
SUMBER
1.
Manuaba, IBG, 2012. Ilmu Kebidanan, Penyakit
Kandungan,
dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. EGC. Jakarta.
2.
JNPKR, 2011. Buku Acuan Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar
3. Kemenkes RI, 2014. Modul Kegawatdaruratan Obstetric Dan Neonatal Bagi Tenaga
Pendidik.
4.
Kenneth. J. Lenovo. (et al) 2012. obstetric
William edisi 21. Jakarta : EGC
5. Triana,
D, 2009. Kegawatdaruratan Maternal Dan
Neonatal ed. I, Cet I. Yogyakarta : Deepublish
6. Damayanti,
Ika Putri, dkk, 2014. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komprehensif Pada
Ibu Bersalin dan Bayi Baru Lahir ed. I. Cet I. Yogyakarta :
Deepublish.
7.
Varney, Hellen. 2008. Buku Ajar
Asuhan Kebidanan Vol 2. Jakarta : EGC
8.
Jurnal terkait
RINCIAN
KEGIATAN
NO
|
KEMAMPUAN AKHIR CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN
|
RINCI KRITERIA /INDIKATOR CAPAIAN
PEMBELAJARAN OPTIMAL
|
BAHAN KAJIAN /MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE PEMBELA JARAN
|
PENGALAMAN PEMBELAJARAN
|
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)
|
SUMBER BELAJAR
|
WAKTU
|
1
|
Melaksanakan
asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi, kelainan, penyakit dalam masa
kehamilan.
|
Mereview
pelaksanakan asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi, kelainan, penyakit
dalam masa kehamilan.
|
|
1.1 Komplikasi dan penyulit kehamilan
-
Kehamilan dan hipertensi
|
- Ceramah
- Diskusi
Demonstrasi
|
-
Menyimak materi yang diberikan
-
Mengemukakan proses pembelajaran secara aktif.
-
Mendemonstrasikan asuhan
|
|
Iin
Wahyuni
|
1
|
|
|
|
|
1.2 Kehamilan ganda
|
|
|
|
Margaretha
Rinjani
|
2
|
|
|
|
|
1.3 Kelainan letak
1.3.1 Letak sungsang
|
|
|
|
Anis
Eka Pratiwi
|
3
|
|
|
|
|
1.4 penyulit kala II (distosia bahu)
|
|
|
|
Kiki
Purnamasari
|
4
|
2
|
Memahami
asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan penyulit kala III dan kala IV
|
Melaksanakan asuhan kebidanan
pada ibu dengan penyulit Kala III
|
Dapat
menjelaskan dan melaksanakan penyulit
kala III dan kala IV
|
2.1 Persalinan dengan penyulit kala III
2.1.1 Penyulit kala III persalinan
2.1.2 Emboli air ketuban
2.1.3 Inversio uteri
-
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Demontrasi
|
-
Menyimak materi yang diberikan
-
Mengemukakan proses pembelajaran secara aktif.
-
Mendemonstrasikan asuhan kebidanan dengan penyulit kala III
Dan IV
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (melakukan asuhan
kebidanan pada ibu dengan penyulit kala III Dan IV )
|
Elsinta
Apriyani
|
5
|
2.1.4 Retensio plasenta
2.1.5 Robekan jalan lahir
- Perine
- Vagina
- Serviks
|
|
Iin
Wahyuni
|
6
|
||||||
|
|
Melaksanakan asuhan kebidanan
pada ibu dengan penyulit Kala IV
|
|
2.1.6 Atonia Uteri
2.1.7 Pendarahan kala IV
(primer dan sekunder)
2.1.8 Syok Obstetrik
|
|
|
|
Meta
Endimar
|
7
|
3
|
Memahami
asuhan kebidanan pada ibu dengan komplikasi dan penyakit masa nifas
|
Menerangkan komplikasi dan
penyakit dalam masa nifas serta penanganannya
|
Dapat menerangkan komplikasi
dan penyakit dalam masa nifas serta penanganannya
|
3.1 Komplikasi dan penyakit dalam masa nifas serta penanganannya
3.1.1 Infeksi nifas
-
Endometritis
-
Peritonitis
-
Bendungan ASI
|
-
Ceramah
-
Diskusi
|
-
Menyimak materi yang diberikan
-
Mereview proses pembelajaran secara aktif.
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (melatihpenanganan
komplikasi masa nifas)
|
Meta Endimar
|
8
|
|
|
|
|
-
Infeksi
-
Payudara
-
Thrombophlebitis
-
Luka perineum (Vulva hygine)
|
-
|
-
|
-
|
Nila Qurniasih
|
9
|
|
|
|
|
3.2 Patofisiologi dan
gambaran klinis dalam masa nifas
|
-
Ceramah
-
Diskusi
|
-
Menyimak materi yang diberikan
-
Mereview proses pembelajaran secara aktif.
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (menyesuaikan
patofisiologis Dan gambaran klinis masa nifas)
|
Oktaria
Safitri
|
10
|
|
|
|
|
3.3 Gangguan psikologis masa
nifas
-
Depresi post partum
-
Post partum
blues
-
Post partum
psikosa
|
|
-
|
-
|
Iin
Wahyuni
|
11
|
4
|
Memahami asuhan kebidanan pada bayi
dengan penyulit
|
- Menerangkan asfiksia
- Menerangkan ikhterus
|
-
Dapat
menerangkan asfiksia
-
Dapat
menerangkan ikhterus
|
4.1 Asfiksia
4.2 Ikterus
|
- Ceramah
- Diskusi
- Demonstrasi
|
- Menyimak
materi yang diberikan
- Mereview
proses pembelajaran secara aktif.
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (melakukan asuhan terhadap
bayi dengan asfiksia)
|
Oktaria
Safitri
|
12
|
5
|
Memahami asuhan kebidanan pada
kesehatan reproduksi dengan gangguan system reproduksi
|
Menjelaskan
deteksi dini dan
pengertian
infertilitas
|
Dapat
menjelaskan deteksi dini pengertian infertilitas
|
5.1 Deteksi dini ibu dengan
gangguan system reproduksi (IVA test, skrining )
5.2 Pengertian infertilitas
5.3 Pemeriksaan infertilitas
|
- Ceramah
- Diskusi
|
- Menyimak
materi yang diberikan
- Mereview
proses pembelajaran secara aktif.
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (mengaktifkan)
|
Margaretha
Rinjani
|
13
|
|
|
|
|
5.4 Faktor-faktor yang
mempengaruhi infertilitas
5.5 Masalah yang timbul pada
infertilitas
5.6 Manajemen kebidanan pada
infertilitas
|
-
|
-
|
-
|
Elsinta
Apriyani
|
14
|
6
|
Memahami asuhan kebidanan pada masa
klimakterium dan menopause
|
Melaksanakan
asuhan kebidanan pada masa klimakterium/ menopause
|
|
6.1 Pengertian klimaterium
6.2 Pengertian menopause
6.3 Tanda-tanda awal dari
klimakterium dan menopause
|
- Menyimak
materi yang diberikan
- Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan
- Keterampilan (mengaktifkan)
|
- Pengetahuan (memberikan pertanyaan)
- Keterampilan (mengaktifkan
|
Margaretha
Rinjani
|
15
|
|
|
|
|
6.4 Ganguan klimakterium dan
menopause
6.5 Manajemen kebidanan
klimakterium dan Menopause
|
-
|
-
|
-
|
Meta
Endimar
|
16
|
|
|
|
|
Pertemuan
|
|
-
|
Total 16 kali
|
|
|
PRAKTIK
|
JUMLAH
|
PEB
|
2 x meta + nila
|
Gemeli
|
2 x Margaret + meta
|
Sungsang
|
2 x okta + iin
|
Distosia Bahu
|
2 x kiki + okta
|
Manual Plasenta
|
3 x elsinta + anis + nila
|
Atonia
|
3 x iin + anis + meta
|
Resusitasi
|
2 x nila + iin
|
Total
|
16 kali
|
0 comments:
Posting Komentar